Selamat datang di wonosobokuu.blogspot.com blognya orang Wonosobo. Semua tentang Wonosobo ada di sini

Minggu, 19 April 2015

Cantiknya Telaga Warna (Green Lake) Dieng

Telaga Warna dan Telaga Pengilon.

Telaga warna merupakan salah satu objek wisata andalan di Dieng,objek wisata ini juga yang mendongkrak nama Dieng sebelum di kembangkannya objek wisata lain di daerah ini. Seperti pemandangan matahari terbit di punak Sikunir ataupun di punak Prahu.

Wisatawan sudah tidak asing lagi dengan danau multi warna ini,karena memang sudah sejak lama objek wisata telaga warna ini di perkenalkan dan di promosikan untuk masyarakat luas.

Telaga Warna berada kurang lebih 2000 meter di atas permukaan laut. Terletak di Dieng bagian timur dan termasuk dalam kecamatan Kejajar kabupaten Wonosobo.
Letaknya yang cukup tinggi membuat medan yang harus di lalui lumayan berat. Tikungan tikungan ekstrim serta jalan yang menanjak menjadi suguhan perjalanan ke Dieng. Namun kendala tersebut tidak akan terasa jika kita sudah sampai di lokasi,dan menikmati indah dan cantiknya pemandangan Telaga Warna.

Pemandangan air berwarna hijau yang tenang dan di kelilingi pepohonan yang rindang,seakan menghipnotis kita untuk sejenak menikmati hidangan alam ini. Pantulan cahaya matahari di atas permukaan air membiaskan bermacam warna mirip pelangi menambah ke elokan telaga.

Menurut mitos yang mashur di masyarakat sekitar,warna warni telaga ini di karenakan sebuah cincin seorang saudagar kaya yang jatuh pada zaman dahulu kala. Cincin tersebut mampu memancarkan warna yang berubah ubah,sehingga air danau pun terkena dampaknya dan ikut berubah warna juga. Memang seperti tidak masuk akal,tetapi kita patut menghormati mitos tersebut.

Telaga Warna

Namun secara ilmiah hal tersebut mampu di jelaskan. Perubahan warna pada permukaan air itu terjadi karena terjadi pembiasan warna akibat endapan belerang/sulfur di dasar telaga. Sehingga warna yang dominan muncul dipermukaan telaga warna adalah Warna Hijau, warna putih kekuningan, serta warna biru laut.

Setelah memasuki gerbang telaga Warna, kemudian akan dijumpai 2 cabang Jalan setapak. Jika melewati jalan setapak sebelah kanan, selain di suguhi keindahan pemandangan Telaga Warna pengunjung juga bisa melihat Kejernihan Telaga Pengilon yang terletak tepat bersebelahan dengan Telaga warna. Telaga ini begitu jernih airnya hingga jika kita berada di dekatnya akan terlihat bayangan kita seperti sbt bercermin. Makanya telagatelaga ini di sebut telaga pengilon.

Melanjutkan perjalanan menelusuri pinggiran telaga warna,di sepanjang jalan setapak  juga terdapat beberapa Goa seperti Goa Semar, Goa sumur, Goa jaran serta Batu Tulis. Khususnya Goa Semar sering dijadikan sebagai tempat upacara ritual tertentu. Seperti misalnya ketika ada kunjungan wisatawan Umat Hindu dari Bali, mereka menggunakan  air Goa ini untuk upacara Muspre atau Mabakti.

Kawah Sikidang

Jika berjalan mengikuti jalan setapak ke arah kiri  maka akan di jumpai Kawah Sikidang, kawah ini masih aktif dan disaat-saat tertentu mengeluarkan bunyi mirip alat musik kendang,karena luapan-luapan air belerangnya yang mendidih.Lewat jalur ini juga pengunjung bisa naik ke Bukit Sidengkeng yang terletak disamping Telaga warna, disana kita bisa melihat keindahan  Telaga Warna dari ketinggian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar