Selamat datang di wonosobokuu.blogspot.com blognya orang Wonosobo. Semua tentang Wonosobo ada di sini

Kamis, 16 April 2015

Sekilas Tentang Wonosobo


Terletak di jantung Provinsi Jawa Tengah, Wonosobo merupakan kabupaten dengan pemandangan pegunungan yang sangat indah karena diapit oleh dua gunung muda aktif, yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dengan tinggi lebih dari 3000 mdpl.




Letaknya yang sangat strategis dan berada di daerah pegunungan membuat Wonosobo menjadi kabupaten dengan potensi ekonomi, wisata, dan pertanian yang begitu besar.  Apa lagi dengan tanahnya yang subur dan senantiasa terjaga kelestariannya. Keragaman budaya yang bermacam macam serta kemurnian nilai nilai religi juga ikut menjadi faktor terdongkraknya potensi ekonomi dan wisata di kota ini.



Kota yang tahun ini akan genap berusia 190 tahun ini menjadi salah satu tujuan berkunjung para wisatawan. Entang wisatawan domestik ataupun mancanegara beramai ramai menelusuri sudut sudut wisata kota hujan ini. Bahkan Wonosobo merupakan 3 kota terbanyak kunjungannya oleh wisatawan mancanegara. Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dengan candi Borobudur ,wisatawan sering kali menambah tujuan ke Wonosobo usai berkunjung ke Candi Borobudur.



Wonosobo juga terkenal dengan hasil pertanian dan perkebunannya. Mulai dari perkebunan teh yang juga berkembang menjadi Agrowisata Tambi, kopi Arabica khas Wonosobo serta  berbagai hasil sayuran, buah-buahan, rempah-rempah dan produk holtikultura lainnya. Dari tahun ke tahun produksinya selalu mengalami peningkatan.



Satu yang menjadi ciri khas dari wonosobo di bidang pertanian adalah buah caricanya. Buah sejenis pepaya ini menjadi ciri utama kota ini,karena hanya di Wonosobolah dapat di temukan buah ini.

Aromanya yang harum,rasanya yang manis dan segar mendorong para wisatawan untuk mencicipi buah ini. Bahkan tidak lengkap rasanya kalau berkunjung ke Wonosobo tanpa memakan buah carica ini. Oleh sebab itu industri industri rumahan pengolah buah carica ini sekarang tumbuh besar di Wonosobo. Selain memproduksi carica industri rumahan ini juga memproduksi makanan khas lain seperti kacang dieng,jamur dieng,purwaceng,produk ubi ubian termasuk kentang dan masih banyak produk lain.


Daftar wisata unggulan di Wonosobo :

Wisata Alam: Dataran Tinggi Dieng
Wisata Religi: Wisata Ziarah Makam Syeh Tumenggung Jogonegoro, Wisata Ziarah Makam KH. Muntaha/situs Dero Nduwur, Taman Rohani Hati Kudus
Wisata Minat Khusus: Arung Jeram Serayu, Out Bond dan Tea Walk, Pendakian Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing
Wisata Buatan: Situs Ondho Budho, Pusat Rekreasi dan Olah Raga Kalianget, Dieng Plateau Theatre
Wisata Kuliner: Mie Ongklok, Tempe Kemul, Geblek, Keripik Jamur, Purwaceng Tumbuh, Carica
Wisata Seni dan Budaya: Tari Lengger, Tari Emblek (kuda lumping), Ruwatan Rambut Gembel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar